Home » today » Health » There’s a Geminids meteor shower tonight, here’s how to see it

There’s a Geminids meteor shower tonight, here’s how to see it

SUKABUMIUPDATE.com – Hujan Meteor Geminid jadi salah satu fenomena langit yang akan menghiasi bulan Desember.

Fenomena ini bisa dilihat malam ini dengan catatan langit dalam kondisi cerah dan daerah tempat Anda menyaksikannya minim polusi cahaya.

Melansir laman solarsystem.nasa.gov, hujan meteor ini sebenarnya terjadi dari 19 November sampai 24 Desember. Namun puncaknya sendiri terjadi pada 13-14 Desember 2022.

Baca Juga: Dipenuhi Hujan Meteor, Simak 14 Fenomena Langit Bulan Desember 2022

Saat fase puncak hujan meteor Geminid akan terlihat sekitar 120 meteor per jam.

Namun, menurut space.com, tahun ini, Geminid akan mengalami gangguan dari bulan yang diterangi 70% yang akan mengungguli meteor yang lebih redup.

Dari Mana Meteor Berasal?

Menurut nasa.gov, meteor berasal dari sisa partikel komet dan serpihan dari asteroid. Saat benda-benda ini mengelilingi Matahari, mereka meninggalkan jejak berdebu di belakangnya.

Baca Juga: Jalan Nasional Bogor-Sukabumi Memerah! Hindari Jembatan Pamuruyan Cibadak

Setiap tahun Bumi melewati jalur puing-puing ini, yang memungkinkan potongan-potongan itu bertabrakan dengan atmosfer kita di mana mereka hancur untuk menciptakan garis-garis yang berapi-api dan berwarna-warni di langit.

Untuk hujan Meteor Geminid sendiri berasal dari asteroid 3200 Phaethon. Asteroid 3200 Phaethon membutuhkan waktu 1,4 tahun untuk sekali mengorbit Matahari.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.